Cara Budidaya Ikan Patin

12 Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton Dengan Mudah

Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton – Patin adalah satu diantara macam ikan air tawar yang di senangi banyak orang-orang baik itu buat konsumsi ataupun selaku ikan piaraan. Ikan masih sekeluarga dengan lele ini jadi satu diantara komoditas teratas ikan air tawar sebab punya struktur daging yang halus juga rasanya yang renyah serta unik. Tidak aneh apabila banyak orang-orang yang membudidayakan ikan ini selaku kemungkinan usaha.

Ditambah lagi ikan patin ini termasuk dalam macam ikan yang ringan buat di budidayakan dan cost perawatannya yang termasuk cukup murah. Diluar itu, lihat ikan patin ini selaku komodutas teratas membuat jadi macam ikan yang banyak dicari pelanggan. Nach, apabila kamu pengin coba kemungkinan usaha di sektor budidaya ikan. Buletin kesempatan ini udah membikin tips bagaimana cara budidaya ikan patin di kolam beton biar cepat besar.

Cara Budidaya Ikan Patin Biar Cepat Besar

Terdapat beberapa trik buat membudidayakan ikan pati, dimulai dengan memanfaatkan kolam terpal, tanah sampai budidaya ikan patin di ember lantas dapat. Namun demikian yang bakal kita bicarakan di artikel ini yaitu membudidayakan ikan patin di kolam beton yang walaupun tambah mahal akan tetapi punya ketahanan yang sangat baik pada macam kolam yang lain.

Penyiapan Area

Selaku langkah pertama buat membudidayakan ikan patin yaitu dengan memastikan area yang bakal digunakan buat membentuk kolam beton. Sebab tergolong ke kolem tetap jadi ada berbagai hal yang sebaiknya jadi perhatian sewaktu pengin membentuk macam kolam ini. Di bawah ini sejumlah hal yang sebaiknya buat kamu cermati.

Yakini apabila area yang digunakan miliki kontur tanah yang datar serta tak boleh membentuk kolam di area dengan kontur curam
Pikir pun buat memutuskan area yang luas biar semuanya pekerjaan bisa dikerjakan dalam sebuah lokasi yang serupa serta gak jauh

  • Yakini area yang di putuskan bebas dari banjir serta pencemaran lingkungan sebab itu bakal berefek di perkembangan ikan
  • Hindarkan buat memutuskan area pengerjaan kolam ikan yang bersisihan dengan kebun tanaman
  • Usahain buat memutuskan area kolam ikan yang ada lebih rendah dari sumber air sebab itu dapat mengirit cost ini kolam bersama air sebab kamu bisa memakai type gravitasi
  • Yakini struktur rtansportasi ada biar semuanya pekerjaan pengantaran bisa berjalan secara baik

Macam Kolam Tembok

Buat persoalan pengerjaan kolam beton dapat di samakan dimulai dengan bentuk sampai wujud dari kolam tersebut. Sedangkan buat macam tanah yang di rekomendasikan yaitu lempung (jawa) atau tanah lempung yang tak berporos. Macam tanah ini baik sekali buat membangu kolam ikan sebab punya waktu air yang besar maka tak ringan bocor serta kuat buat mengendalikan dinding beton.

Lalu buat kemiringan tanahnya sendiri dapat kira-kira di antara 3 hingga 5% biar dapat bertambah ringan mengaliri kolam dengan memakai type gravitasi. Sementara itu buat macam kolamnya sendiri ada dua macam yang dapat kamu pakai ialah macam kolam keduk serta permanan.

  • Model Kolam Keduk, ialah macam kolam yang kebanyakan dibangun apabila sumber iarnya yaitu sungan serta terletak lebih rendah dari permukaan area.
  • Model Kolam Tetap, kebanyakan macam kolam ini dibangun di masalahngan yang udah di keraskan serta bakal butuh cost lebih apabila pengin melaksanakan penggalian tanah. Buat sumber airnya kebanyakan memanfaatkan sumur bor ataupun keduk

Kedalaman Kolam Beron

Tidak sama dengan budidaya ikan patin di kolam tanah, kedalaman kolam beton buat budidaya ikan patin dengan waktu panen seputar enam bulan yaitu seputar 1 hingga 1,5 mtr.. Usahain buat kedalaman kolam di bawah 1 mtr..

Pasalnya apabila kedalaman kolam tak lebih dari pada 1 mtr. jadi ini bakal membikin ikan patin jadi ringan depresi serta resikonya yaitu perkembangan ikan patin yang bertambah pelan. Diluar itu biar ikan patin tak melonjak hingga keluar kolam serta biar kolam tak ringan kotor kamu dapat juga menempatkan jala.

Luas Kolam Ikan

Biar ikan dapat mengalami perkembangan dengan bagus jadi komunitasnya mesti di samakan. Memastikan komunitas ikan yang hidup di kolam ini paling penting biar ikan bisa tumbuh dengan bagus ialah 25 ekor per mtr. kubik.

Maka apabila kamu punya kolam ikan dengan luas 10 x 10 x 1 atau seputar 100 mtr. kubik jadi kamu dapat membudidayakan ikan patin sejumlah 25 x 100 atau 25000 ekor bibit ikan patin. Menambah bibit dengan kemampuan yang berlebihan begitu tak di rekomendasikan sebab itu akan tidak mempengharuhi panen.

Pengurusan Aliran Air

Dalam budidaya ikan patin perihal yang lain pun penting jadi perhatian yaitu persoalan aliran air. Sebab kebanyakan ikan patin hidup di air yang sernih tanpa ada pengendapan maka saluran pembuangan air mesti dibuat sebaik-baiknya sekalian selaku cara buat menghindari ikan biar tak depresi.

Agar dapat berjalan secara baik kamu bisa membikin 2 aliran air dalam sebuah kolam beton. Aliran yang pertama dapat digunakan buat kuras air serta buang pengendapan yang ada pada dalam kolam sementara buat aliran ke-2  dapat digunakan buat kurangi volume air sewaktu lagi hujan lebat.

Pengairan Kolam Ikan

Buat persoalan pengairan kolam budidaya ikan patin lebih bagus dikerjakan dengan cara bertahap di mana kamu dapat menyelaraskannya dengan kemajuan ikan. Buat awalan ketika masukkan benih ikan patin masih kecil, kolam hanya butuh diisi dengan air mempunyai kedalaman 30 – 40 cm saja.

Sementara itu kalau sudah dua minggu jadi kamu bisa menambah volume air jadi 10 cm hingga batasan maximum kolam yang kebanyakan 100 sampai 150 cm. Perihal ini penting dikerjakan biar ikan patin tak usah keluarkan tenaga besar apabila pengin ambil oksigen di atas air kolam.

Penentuan Benih Ikan Patin

Seusai segalanya yang berhubungan dengan pengerjaan kolam sukses ditangani, jadi cara budidaya ikan patin seterusnya yaitu dengan memutuskan benih ikan patin. Di mana tahap ini paling penting agar dapat mendapat hasil panen yang baik. Buat mendapat benih ikan patin yang bermutu kamu dapat melaksanakan pemijahan secara berdikari.

Namun demikian apabila perihal ini sangat menyulitkan, kamu dapat juga beli lewat penyedia benih ikan. Di bawah ini teknik buat memutuskan benih ikan patin yang bermutu.

Usahain posisi pembelian benih gak sangat jauh dari posisi pembudidayaan, perihal ini buat turunkan efek kematian benih ketika di perjalanan
Tentukan benih yang punya warna ceria dan bentuknya sama
Usahain buat memutuskan benih yang tak punya cacat pada sisi badannya
Benih yang sehat dapat tampak dari ketangkasannya.

Penyebaran Benih Ikan Patin

Seusai mendapat benih ikan patin yang bermutu jadi tahap seterusnya yaitu sebarkan benih itu ke kolam yang udah dibuat. Melakukan kalkulasi taburi benih per mtr. persegi sehingga benih dapat sama rata ke semuanya sisi kolam.

Diluar itu yakini pun kamu udah menyiapkan plankton ke kolam selaku makanan alami ikan patin. Tahap seterusnya kamu dapat mengikut teknik di bawah ini.

  • Tambahkan plastik yang terdapat benih ke kolam biar benih dapat menyesuaikan dengan temperatur di kolam
  • Membuka plastik benih lalu tambahkan ke kolam waktu 10 menit hingga semuanya benih keluar tempat
  • Lebih baiknya buat melaksanakan perihal ini pada waktu sore dan pagi hari biar temperatur gak sangat panas

Pemberian Pakan Ikan Patin

Pemberian makanan ikan patin ini dapat di kerjakan secara abertahap. Sewaktu ikan patin masih mempunyai ukuran kecil, jadi semestinya kasih pakan sekerap barangkali ialah 4 – 5x dalam satu hari biar ikan cepat besar. Akan tetapi kalau sudah masuk waktu panen jadi lekas turunkan pakan ikan ialah cuma 3x satu hari saja.

Disamping pakan berwujud pelet, kamu dapat juga memberinya pakan yang lain biar nutrisi di ikan dapat bertambah. Pakan yang sangat di rekomendasikan sewaktu ikan sudah besar yaitu cacing sutera serta kotoran makanan rumah tangga serta peternakan ayam. Dengan makanan yang lebih beragam pastinya ikan patin yang di panen makin lebih bermutu.

Perawatan Ikan

Agar dapat mendapat hasil panen yang baik serta bejibun tentulah kamu mesti melakukan perawatan ikan secara teratur. Tentang hal sejumlah hal yang sebaiknya buat kamu cermati yaitu melaksanakan pergantia air kolam sekurang-kurangnya 2 hingga tiga minggu sekali sebab patin mencintai air yang bersih serta tidak ada pengendapan.

Kamu dapat melaksanakan pertukaran air kolam dengan cara bertahap. Apabila volume air di kolam mendadak berkurang lekas buat isi biar kembali berisi. Diluar itu apabila ada kotoran seperti daun atau hingga di atas kolam semestinya langsung diambil biar tak mengacaukan ikan.

Perlakuan Hama di Ikan

Hambatan yang seringkali di alami oleh banyak pemberbudidaya ikan patin yaitu hadirnya hama yang tentulah dapat memberikn penyakit ke ikan. Kebanyakan ikan dapat sakit sebab terserang infeksi ataupun non infeksi. Diluar itu hama yang kerap mengena ikan yaitu jamur serta bakteri.

Kebanyakan banyak pemberbudidaya bakal memakai sinar lampu biar jamur serta bakteri gak berkembang di kolam. Biasanya hama kebanyakan tak mencintai sinar lampu. Dengan menanggulangi persoalan hama ini jadi ikan patin bakal terlepas dari efek penyakit yang bisa turunkan mutu panen kedepannya.

Waktunya Panen Ikan Patin

Seusai tunggu kira-kira 5 hingga enam bulan jadi proses paling akhir yaitu mengambil ikan patin. Biar tak turunkan mutu ikan ketika proses pemanenan, jadi kamu dapat mengikut teknik di bawah ini.

  • Menguras air kolam paling tidak hingga tersisa 1/3 sisi kolam saja
  • Pakai jala buat mengambil semuanya ikan
  • Usahain buat mengerjakannya secara berwaspada biar tak ada ikan yang luka
  • Tambah ikan ke tempat yang udah ada air bersih dengan temperatur kira-kira di antara 20 derajat celcius
  • Paling akhir tinggal bungkus ikan ke plastik terbuka untk kedepannya dapat di distribusikan ke bermacam tempat

Sekianlah pengkajian buat cara budidaya ikan patin di kolam beton agar dapat cepat besar serta panen. Di perlukan kesabaran buat jalankan usaha budidaya ikan ini. Apabila memungkinnya kamu langsung dapat belajar pada orang yang udah terlebih dulu menjalani dunia budidaya ikan ini agar dapat mendapat pengetahuan pada mereka.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124