Cara Ternak Lele di Ember

Cara Ternak Lele di Ember Sebagai Bisnis yang Menguntungkan

Cara Ternak Lele di Ember – Lele merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminatnya. Ikan air tawar ini memang memiliki bentuk yang bagi sebagian orang agak menggelikan namun karena rasa dagingnya yang enak dan bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan membuat lele ini banyak di gemari orang. Bahkan kita bisa dengan mudah menemukan berbagai olahan lele di warung makan seperti pecak lele dan mangut lele.

Tak heran jika banyak orang juga yang mencoba budidaya ikan lele sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi lele ini tergolong jenis ikan air tawar yang tangguh karena mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga mudah dalam segi perawatannya. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba peluang bisnis di bidang perikanan. Pada artikel ini Buletin mencoba memberikan sedikit tips bagaimana cara ternak lele pemula agar cepat panen.

Cara Ternak Ikan Lele di Dalam Ember

Memanfaatkan lahhan yang sempit sebagai tempat untuk budidaya ikan lele adalah hal yang tepat selain bisa menambah aktivitas agar tetap produktif sekaligus juga bisa di jadikan sebagai peluang usaha rumahan. Budidaya lele umumnya memang di lakukan pada kolam terpal maupun beton yang memiliki ukuran besar untuk menampung banyak lele.

Akan tetapi belakangan ini banyak orang yang mulai budidaya ikan lele di dalam ember dengan alasan keterbatasan lahan. Budidaya di dalam ember ini sangat cocok untuk orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya tidak memiliki lahan luas. Pada dasarnya cara ternak ikan lele di dalam ember ini sama seperti ternak di kolam besar hanya saja media yang di gunakan lebih kecil yakni ember.

Selain itu karena media yang di gunakan kecil tentu saja perawatan yang di lakukan pun akan lebih mudah dan tak perlu repot untuk membersihkan kolam yang besar. Ternak lele di rumah juga bisa di jadikan sebagai hobi sampingan yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara ternak lele di ember plastik dengan mudah.

Sebelum melangkah lebih jauh pastikan kamu sudah mempersiapkan berbagah hal di bawah ini:

  1. Siapkan ember dengan diameter 50 cm atau 80 liter.
  2. Benih ikan lele yang berkualitas
  3. Strimin atau penutup ember, kamu bisa menggunakan bahan apapun.

Setelah semua peralatan siap maka barulah kita bisa memulai cara ternak lele di dalam ember.

Pembuatan Kolam Ember

Tahap pertama adalah membuat kolam ikan lele dari ember. Buatlah saluran air dengan cara membuat lumang di bagian bawah samping ember. Kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan keran ait supaya lebih mudah dalam proses pembuangannya.

Sementara itu untuk sirkulasi udara kamu bisa menggunakan filter dari akuarium. Dengan mengunakan filter akuarium ini maka bisa lebih menjamin ketersediaan pasokan oksigen untuk ikan lele yang kamu ternakkan di dalam ember.

Proses Pengisian Air

Jika saluran air sudah di buat maka langkah selanjutnya kamu bisa memasukkan air ke dalam ember, namun jangan terlalu penuh supaya ikan lele bisa mengambil udara di permukaan air. Biarkan air selama 3 hari supaya air tersebut tak terlalu asam.

Jika terlalu asam maka kamu bisa menambahkan garam dapur sebanyak satu sendok makan, maka dengan begitu pH air akan netral. Hal ini penting di lakukan supaya benih ikan lele dapat berkembang dengan baik dan tak ada masalah kesehatan pada ikan.

Proses Penebaran Benih

Proses penebaran benih ini harus di sesuaikan dengan kapasitas ember yang di gunakan agar tidak terjadi over capacity. Karena di sini kita menggunakan ember dengan kapasitas 80 liter maka sebaiknya hanya menebarkan benih sebanyak 60 ekor ikan lele saja. Untuk menebarkan benis ke dalam ember kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masukkan plastik yang berisi benih ikan lele ke dalam air selama 10 menit agar benih bisa beradaptasi dengan suhu air di dalam ember.
  • Setelah itu buka plastik dan biarkan selama 5 menit sampai semua benih keluar dari wadah plastik.

Pemberian Pakan Ikan Lele

Cara ternak ikan lele supaya cepat besar adalah dengan memberikan pakan yang tepat. Kamu bisa memberikan pakan ikan lele secara bertahap. Di mana ketika masih kecil kamu bisa memberikan makan sekitar 4-5 kali dalam sehari dengan menggunakan pelet.

Sementara itu jika sudah memasuki masa panen maka kamu bisa mengurangi jatah pakannya yakni hanya 3 kali sehari. Supaya gizi pada ikan lele kamu bagus, kamu juga bisa memberikan pakan lainnya seperti cacing sutera maupun limbah makanan rumah tangga yang tidak mengandung minyak.

Proses Perawatan Ikan Lele

Agar ikan bisa berkembang dengan baik maka proses perawatan ikan harus di lakukan secara rutin. Di mana kamu harus meletakkan ember di tempat yang ada sinar mataharinya, maka dari itu di sarankan untuk menggunakan penutum ember transparan supaya cahaya matahari bisa masuk.

Selain itu cahaya matahari ini juga sangat baik untuk mencegah ikan lele dari penyakit yang di akibatkan oleh hama seperti jamur dan bakteri. Karena pada umumnya hama tak menyukasi cahaya, sehingga ikan lele akan terhindar dari penyakit yang dapat mengakibatkan gagalnya panen.

Proses Panen Ikan Lele

Setelah menunggu sekitar 3-4 bulan setelah benih di masukkan ke dalam kolam ember maka saatnya kini kita mulai memanen ikan lele. Memanen ikan lele di media ember jauh lebih mudah ketimbang di dalam kolam terpal. Karena kamu hanya perlu memindahkan lele ke dalam ember yang berisikan air bersih saja.

Setelah itu kamu bisa memasukkan ikan lele tersebut ke dalam plastik transparan yang nantinya dapat kamu jual ke orang atau untuk kebutuhan sendiri misalnya untuk warung dan rumah makan yang kamu kelola.

Nah, itulah tadi cara ternak lele di dalam ember yang bisa kamu kelola di rumah dengan lahan yang terbatas. Wah meskipun dengan lahan yang terbatas di rumah kamu tetap bisa budidaya ikan lele dengan modal yang kecil namun dengan keuntungan yang lumayan besar.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124