Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Hedging adalah Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Strategi

Hedging adalah: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Strategi

Menanggapi resiko rugi yang dapat terjadi kapan pun saat lakukan investasi, hedging ialah tehnik yang perlu dimengerti oleh tiap investor. Istilah hedging mengarah pada rangkaian taktik yang diterapkan membuat perlindungan dari bermacam-macam rugi keuangan.

Di dalam meraih arah itu, hedging terbagi dalam beberapa taktik sesuai arah investasi tersebut. Lalu sebetulnya, apakah itu hedging? Yok, baca penuturannya berikut ini dan dapatkan bagaimana taktik untuk mengaplikasikan hedging.

Apakah itu hedging?

Hedging ialah istilah yang dari bahasa Inggris dan memiliki makna “jagalah nilai”. Lantas, apakah itu hedging di dunia investasi? Hedging sebagai taktik yang dipakai oleh beberapa investor atau trader untuk hilangkan atau kurangi risiko rugi.

Gerakan harga saham atau peralihan nilai dalam investasi dikuasai oleh beragam factor yang condong susah diprediksikan. Oleh karenanya, investor memerlukan sebuah instrument tertentu membuat perlindungan nilai asset mereka. Arah pemakaian hedging ialah membuat perlindungan keadaan keuangan seorang dan memberi keuntungan.

Dengan begitu, walau terjadi peralihan tidak tersangka, risiko yang dijamin tidak besar. Merujuk pada hal itu, dapat ditegaskan jika hedging ialah alat tolong atau taktik untuk meminimalkan. Maknanya, pemakaian hedging tidak berarti hilangkan semua peluang risiko.

Selainnya kurangi risiko rugi, hedging ialah instrument yang memungkinkannya investor memperhatikan atau menganalisis peluang ada risiko dalam investasi. Lewat ini, investor bisa menyiapkan gagasan untuk memperhitungkan beberapa kondisi itu.

Secara umum, hedging banyak juga dipakai oleh perusahaan yang kerap lakukan transaksi bisnis dengan mata uang asing atau valas. Gerakan nilai mata uang asing yang naik-turun akan memengaruhi untung dan rugi sebuah perusahaan. Oleh karenanya, pemakaian hedging adalah taktik untuk menangani hal itu.

Dalam implikasinya, hedging ialah taktik yang sudah ditata dengan cara resmi di ketentuan pemerintahan. Bahkan juga, taktik ini sudah diaplikasikan di beberapa usaha BUMN lewat peraturan Proses Operasi Standard (POS). Ketentuan ini dengan cara resmi dikeluarkan oleh Menteri BUMN dengan detil nomor S-687/MBU/10/204 yang didalamnya berkenaan SOP Lindung Nilai.

Kenapa perlu hedging?

Secara simpel, hedging ialah taktik atau peraturan yang diaplikasikan untuk memperhitungkan dan menahan rugi usaha dan keuangan seorang. Berikut keterangan kenapa hedging ialah cara yang perlu untuk dilaksanakan.

Jaga kestabilan keuangan

Dalam hadapi pergolakan peralihan yang tidak dapat diprediksikan, hedging ialah langkah pas untuk jaga kestabilan keadaan keuangan. Taktik ini menjadi cara efisien dan efektif untuk selalu mendapatkan keuntungan sekalian menahan rugi di tengah-tengah turun-naiknya nilai.

Oleh karenanya, hedging ialah taktik yang banyak diaplikasikan pada perusahaan dengan beberapa transaksi bisnis valas. Harga valuta asing yang susah diprediksikan dan peluang rugi bisa ditolerir karena ada hedging.

Menghindar kemunduran

Argumen khusus pemakaian hedging ialah menghindar risiko kemunduran. Rugi yang tetap terjadi dan tidak dapat ditolerir pasti bawa pada ketidakberhasilan sebuah usaha. Tetapi dengan pemakaian hedging, risiko dan peluang rugi ini bisa dilihat dan ditangani saat sebelum menyebabkan imbas fatal.

Beberapa jenis hedging

Dalam implementasi taktik hedging untuk batasi risiko rugi pada nilai sebuah instrument, beberapa jenis hedging ialah:

Kontrak Serah (forward contract)

Tipe pertama dari hedging ialah kontrak serah yang merujuk pada persetujuan dua faksi untuk lakukan transaksi bisnis pada tanggal dan harga sama sesuai kesepakatan. Arah kontrak ini ialah kurangi berlangsungnya peralihan nilai pada sesuatu asset atau komoditas.

Karena ada kontrak ini, peralihan nilai di pasar tidak memengaruhi isi kesepakatan. Oleh karenanya, keuntungan pemakaian kontrak serah pada hedging ialah menghindar rugi dari ada peralihan, seperti kurs mata uang.

Kontrak Berjangka (futures contract)

Tipe selanjutnya dari hedging ialah kontrak berjangka untuk mendapat persetujuan harga saat sebelum berlangsungnya transaksi bisnis jual beli. Umumnya, kontrak ini terjadi di antara dua faksi pada bursa berjangka.

Dalam persetujuan kontrak, kedua pihak sudah menyepakati harga untuk pembelian sebuah instrument atau asset di masa datang. Hingga, pengurangan atau peningkatan nilai dari instrument itu di periode kedepan tidak memengaruhi harga persetujuan.

Pasar Uang (money market)

Pasar uang mengarah pada lokasi transaksi bisnis jual beli periode pendek yang jatuh termin dalam kurun waktu tidak lebih satu tahun. Di sini, ada bermacam taktik hedging yang dapat diaplikasikan membuat perlindungan nilai sebuah instrument. Salah satunya yang kerap dipakai ialah covered call untuk ekuitas.

Taktik hedging

Pada intinya, hedging ialah beberapa kumpulan taktik yang dapat diputuskan membuat perlindungan nilai keuangan atau sebuah instrument. Ada banyak taktik hedging yang dapat diaplikasikan sama sesuai keperluan. Berikut penuturannya:

Arbitrase
Taktik arbitrase untuk hedging ialah tehnik yang terbanyak dipakai di kelompok trader atau investor. Langkah kerja taktik ini, yakni lakukan pembelian sebuah produk emiten atau saham lalu selekasnya menjualnya pada tempat lain pada harga yang semakin tinggi. Lewat taktik ini, seorang akan memperoleh keuntungan dari nilai pemasaran yang semakin tinggi dari pembelian.

Penganekaragaman
Taktik ke-2 hedging ialah penganekaragaman dan sebagai tehnik yang paling direferensikan saat lakukan investasi. Sama sesuai kata peribahasa, “Tidak boleh menempatkan semua telur di satu keranjang yang serupa”, seorang investor dianjurkan tidak simpan semua asset atau uangnya cuman di satu tempat. Kenapa?

Bila seorang investor simpan uangnya cuman di satu tempat, karena itu saat instrument investasi itu alami pengurangan risiko rugi pasti benar-benar berarti. Ini akan berlainan bila investor lakukan investasi di beberapa tipe instrument berlainan, seperti property dan makanan. Hingga, bila satu alami rugi, masih tetap ada peluang mendapatkan keuntungan di instrument investasi yang lain.

Average down
Taktik ke-3 hedging ialah average down yang sudah dilakukan dengan beli saham dengan bertahap saat terjadi pengurangan harga pada saham itu. Investor akan beli sahamnya pada harga tambah murah.

Hingga, saat harga saham naik sampai capai di tengah-tengah harga pembelian pertama dan ke-2 , investor akan memperoleh keuntungan. Hasil keuntungan dari pembelian ke-2 ini dapat tutupi rugi di pembelian pertama.

Tutup tunai
Taktik ke-4 hedging ialah tutup tunai yan sebagai sistem paling simpel. Tutup tunai umumnya dilaksanakan saat harga saham alami pengurangan tidak pasti. Menangani ini, investor memutuskan untuk simpan uangnya secara tunai sebagai usaha membuat perlindungan keadaan keuangan dan kurangi rugi.

Langkah kerja hedging

Pada dasarnya, langkah kerja hedging ialah membuat perlindungan nilai dari sebuah asset atau instrument rugi dari risiko rugi yang terlampau besar. Beberapa tehnik bisa dilaksanakan untuk mengaplikasikan hedging. Salah satunya yang umum ialah pembikinan document kontrak di mana tiap nilai akan diukur berdasar underlying asset.

Lewat persetujuan di antara dua faksi yang berbisnis, peluang rugi dapat diminimalkan bila terjadi peristiwa tidak tersangka di periode kedepan. Misalkan, seorang investor beli saham sebuah perusahaan dengan keinginan mendapatkan keuntungan secara berarti. Tetapi, beberapa factor mengakibatkan harga saham itu semakin menurun dan pasti jadi rugi untuk investor.

Keadaan itu bisa diperhitungkan bila investor mengaplikasikan pilihan hedging berbentuk kontrak saat sebelum pembelian saham. Lewat kesepakatan itu, investor mempunyai peluang untuk beli atau jual saham pada harga yang sudah disetujui awalnya di kesepakatan kontrak.

Hingga, taktik itu akan menolong investor untuk menghindar rugi lepas dari keadaan pengurangan harga saham. Bahkan juga, investor bisa mendapat keuntungan karena ada implementasi kontrak itu.

Itu ulasan komplet berkenaan apakah itu hedging dan beberapa tehnik implikasinya. Taktik pasti jadi poin utama untuk capai arah investasi dan raih keuntungan. Hedging adalah panduan yang dapat dilaksanakan untuk datangkan untung.

Simpelnya, hedging berperan membuat perlindungan nilai dari resiko pasar investasi yang tidak tersangka. Minimal, risiko rugi bisa diminimalkan . Maka, telah kah Sahabat OCBC mengaplikasikan hedging?

Originally posted 2022-02-18 10:19:50.