Jenis Baterai Smartphone

Jenis Baterai Smartphone yang Awet dan Tahan Lama

Kehadiran battery pada piranti portable seperti handphone jadi sangat penting, karena battery jadi nyawa dan konsumsi energi untuk piranti mobile. Bersamaan perubahan jaman dan makin di perlukan battery, sekarang banyak tipe battery handphone dengan desain yang lebih menawant, berat yang lebih enteng, material dasar yang lebih bertahan lama dan kuat dan wujud yang beragam-ragam.

Bila dahulu kamu cuman mengenali dua tipe battery HP yakni NiCd atau NiMH yang memiliki bentuk relative semakin besar dari battery handphone sekarang ini. Untuk menambahkan pengetahuan kamu berkenaan tipe battery HP, karena itu ini kali Gentooz akan membahas dari sejak awalnya sekitar Tipe Battery Handphone yang Tahan lama dan Tahan Lama. Dengan ketahui beragam tipe battery handphone karena itu kamu menjadi lebih tahu kelebihan serta kekurangan dari tiap battery itu.

Tipe Battery Handphone yang Tahan lama dan Tahan Lama

1.NiCd (Nickle Cadmium)

NiCd sebagai ringkasan dari Nickel Cadmium Batery, battery isi ulangi pertama yangg banyak dipakai pada ponjel jaman dahulu. Tetapi battery HP yang sama sama ukuranya yang besar sekarang telah di meninggalkan, karena tidak kompatible kembali dengan handphone yang mempunyai desain slim dan enteng. Tetapi tidak boleh meremehkan battery angkatan pertama ini, karena battery ini mempunyai ketahanan pada berat beban dan bisa di isi ulangi bisa lebih cepat dibandingkan battery type Lithium.

Disamping itu battery tipe nickel mempunyai memory yang mempunyai dampak tetap . Maka bila battery ini tidak di isi ulangi secara betul karena itu kemampuan daya akan menyusut sampai habis keseluruhan dan tidak dapat di gunakanlagi. Kekurangan yang lain adalai battery HP ini harus di isi ulangi saat betul-betul habis. Mempunyai kemampuan yang tidak besar, battery tipe Nickel ini bisa habis sendiri meskipun tidak dipakai sama sekalipun. Daya terus akan menyusut sejumlah 22% sepanjang 24 jam tanpa penggunaan sama sekalipun.

2.NiMH (Nicle Metal Hydride)

NiMH sebagai battery geerasi ke-2 yang telah banyak alami peralihan, dimulai dari wujud yang lebih tipis, berat yang lebih enteng sampai bahan yang dipakai lebih ramah lingkungan. Battery HP tipe NiMH mempunyai kemampuan penyimpanan daya yang lebih besar dari battery angkatan awalnya. Disamping itu daya yang lenyap lebih sediit yakni cuman 16% dalam kurun waktu 24 jam, battery ini harus di isi ulangi saat betul-betul kosong. Battery tipe ini ada banyak dipakai pada smartphone untuk kelas menengah kebawah.

3.Li-Ion (Lithium Ion)

Battery handphone angkatan ke-3 ini mempunyai ketidaksamaan dasar yang paling menonjol. Li-Ion (Lithiium Ion) tidak mempunyai memory dampak, sehingga kamu dapat isi ulangi tak perlu menanti sampai daya battery betul-betul kosong. Walau demikian battery mode ini mempunyai kekurangan yakni daya hidup “life cycle” yang condong lebih singkat saat di isi ulangi terlalu berlebih, bahkan juga bila terjadi over charged battery dapat meletus..

Beberapa pengembang handphone banyak memakai battery tipe ini untuk daya handphone keluaran mereka. Salah satunya hal yang fundamental dan jadi argumen kenapa beberapa pengembang handphone memakai battery tipe Li-Ion ialah karena perubahan handphone ke arah pada piranti yang lebih kecil, enteng dan tipis. Battery Li-Ion bisa mengakomondir semua piranti handphone sekarang ini. Selainnya mempunyai ukuran yang lebih tipis dan enteng, kemampuan battery ini semakin besar dibandingkan dua tipe battery awalnya.

Sebagai perbedaan kemampuan daya yang bisa di tampung di dalam 1 kg battery Li-Ion ialah sejumlah 150 watt-hour, dan untuk tipe battery NiMH cuman 60 watt-hour saja. Selainnya permasalahan kemampuan, penyeleksian Li-Ion sebagai battery smaerphone tahan lama ialah karena tidak ada memory dampak, hingga kamu bisa melakikan isi ulangi tak perlu menanti daya battery kosong.

Beberapa kekurangan dari battery tipe Li-Ion ialah pada permasalahan life-time. Meskipun tudak dipakai battery ini terus akan turun performnnya sepanjang wakti tiga tahun, walau tidak dipakai sama sekalipun.

Semua tipe battery yang bisa di isi ulangi akan selalu turun performnya dalam memuat daya. Hingga periode pemakaian battery akan lurus sebanding dengan pengurangan daya tampungnya. Disamping itu battery mode Li-Ion mempunyai self-discharge sejumlah 5% tiap bulannya, dan NiMH 20% dalam saat yang sama . Maka bisa di simpulkan battery Li-Ion memiliki ketahanan yang semakin lama dibandingkan battery angkatan awalnya.

4.Li-Po (Lithium Polimer)

Tipe battery handphone terbaik angkatan terkini namanya Li-Po (Lithium Polimer), mempunyai beberapa nama lain seperti Li-Poli, Li-Pol, Lipo, LIP, PLI, atau LiP. Biasanya battery tipe polimer mempunyai beberapa sel sekunder yang di pararelkan untuk tingkatkan kecepatan isi ulangi daya. Battery tipe ini lebih ramah lingkungan, namun tetap saja pengatasanya harus berhati-hati karena memiliki sifat liquid. Bila kamu tekan battery ini terlampau kuat karena itu memiliki bentuk sedikit akan berbeda, jadi yakinkan bila kamu tangani battery tipe polimer janganlah sampai terbentur atau terhimpit benda keras.

Kekurangan battery Li-Po ialah kamu harus isi ulangi saat sebelum daya betul-betul kosong . Maka sedapat mungkin ketika berada peringatan daya menurun pada handphone kamu segera lakukan charge. Bila tidak saat kamu hidupkan handphone akan alami masalah karena daya yang masuk belum optimal.
Nach, itu lah informasi-informasi sekitar Tipe Battery Handphone yang Tahan lama dan Tahan Lama. Denga ketahui kekurangan dan keunggulan pada tiap tipe battery kamu jadi tahu bagaimanakah cara perawatannya.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124