Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Nota Debit Adalah Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat

Nota Debit Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat

Dalam aktivitas jual-beli, nota debet adalah document penting yang sering diperlukan. Tidak jauh berbeda dari peranan nota secara umum, nota debet diperuntukkan sebagai pertanda bukti syah transaksi bisnis di antara konsumen dan penjual. Tetapi, nota debet dipakai khusus saat terjadi ketidaksamaan pada barang.

Dalam aktivitas jual-beli, nota debet adalah document penting yang sering diperlukan. Tidak jauh berbeda dari peranan nota secara umum, nota debet diperuntukkan sebagai pertanda bukti syah transaksi bisnis di antara konsumen dan penjual. Tetapi, nota debet dipakai khusus saat terjadi ketidaksamaan pada barang.

Apakah itu Nota Debet?

Secara fundamental, pemahaman nota debet ialah tipe document atau nota yang diperuntukkan sebagai bukti transaksi bisnis pengurangan hutang pada suatu proses jual-beli. Nota debet biasanya dipakai dengan seorang konsumen setia saat ada ketidaksamaan atau kerusakan pada barang dagangan.

Dalam kata lain, pemahaman nota debet ialah satu document yang dikirim oleh konsumen ke penjual sebagai pengakuan pengurangan hutang atau mendebet. Umumnya, ini dilaksanakan bertepatan dengan pengembalian barang dari konsumen berkaitan.

Adapun lembar atau kertas nota debet ialah beberapa dua salinan, di mana satu helai nota asli dikasih ke penjual sekalian bersama pengembalian barang dagangan yang semestinya sudah dibayar. Dan, satu salinan yang lain diletakkan oleh konsumen sebagai bukti catatan.

Ketidaksamaan Nota Debet dan Nota Credit

Bila nota debet ialah satu document bukti dalam transaksi bisnis jual-beli, lalu apakah beda dengan nota credit? Well, ke-2 tipe nota ini pasti tidak sama dan mempunyai peranan semasing. Adapun ketidaksamaan nota debet dan nota credit ialah mekanisme pemakaiannya.

Seperti keterangan di atas, pemahaman nota debet ialah satu bukti document yang dikirim dengan seorang konsumen sebagai pengakuan pengurangan hutang dari pemilik usaha. Nota ini akan diberi bertepatan dengan pengembalian barang karena ada ketidaksamaan.

Sementara, nota credit ialah kebalikannya, yaitu satu bukti document yang dikirim dengan seorang pemilik usaha sebagai pengakuan akseptasi kembali barang dari konsumen. Nota itu memperlihatkan pengurangan harga piutang karena ada kerusakan pada barang dagangan berkaitan.

Peranan Nota Debet

Sesudah pahami apakah itu nota debet, selanjutnya adalah berkenaan peranan. Pada umumnya, peranan nota debet ialah seperti berikut.

Pengurangan Hutang
Peranan khusus nota debet untuk minta pengurangan jumlah hutang ke penjual berkaitan barang yang dibeli. Hingga, karena ada pengurangan itu, bill hutang konsumen jadi lebih sedikit dari keseluruhan persetujuan awalnya.

Tetapi, ini dilaksanakan bila memang barang itu dibeli secara piutang, hingga penjual juga harus mengembalikannya. Dengan demikian, terjadi pengurangan hutang.

Revisi Jumlah Barang
Peranan nota debet yang lain adalah lakukan revisi pada jumlah barang yang awalnya sudah disepakati bersama. Misalnya jika terjadi kekurangan keseluruhan produk kiriman, nota debet bermanfaat untuk mengatakan hal itu saat penagihan. Hingga, konsumen bisa memperlihatkan bukti dan menuntut kecocokan barang yang semestinya diterima.

Revisi Harga Barang
Selainnya jumlah barang, peranan nota debet ialah sekalian lakukan revisi pada harga. Misalnya jika terjadi perusahan pasar hingga membuat barang tidak laris kembali atau beberapa hal yang lain yang sudah disepakati, hingga dibutuhkan ada revisi. Ini mempunyai tujuan supaya transaksi bisnis di antara penjual dan konsumen jadi lebih terbuka dan sama diuntungkan.

Bukti Stok Opname
Peranan yang lain dari nota debet sebagai bukti stok opname, yakni kegiatan mengecek atau lakukan penghitungan stok stock produk saat sebelum dipasarkan. Dengan demikian, pemilik usaha bisa ketahui barang mana yang mempunyai permasalahan.

Elemen dalam Nota Debet

Saat sebelum mengulas lebih jauh berkaitan langkah membuat dan contoh nota debet, Anda perlu ketahui beberapa komponen dalam document ini. Pada intinya, pembikinan nota debet disamakan berdasarkan perusahan berkaitan. Tetapi, jika dirincikan pada umumnya, elemen dalam nota debet ialah seperti berikut.

  • Nama PKP konsumen setia/konsumen.
  • Nama PKP pemilik usaha/penjual.
  • Nomor nota credit.
  • Info berkaitan jumlah produk yang didebit.
  • Info tipe produk yang didebit.
  • Info harga produk per poin.
  • Info keseluruhan harga produk yang didebit.
  • Tanggal pembikinan nota debet.
  • Nama dan tanda-tangan konsumen setia/konsumen.

Langkah Membuat Nota Debet

Jika Sahabat OCBC ingin membuat nota debet, Anda perlu lengkapi beragam elemen di atas, seperti tanggal, nama penjual, sampai nomor nota. Di bawah ini beberapa langkah yang penting jadi perhatian.

  • Ke Yth, diisi alamat pemilik usaha/penjual tujuan.
  • Tanggal, diisi tanggal nota itu dibikin.
  • Nomor nota, diisi sama sesuai nomor urut nota.
  • Tanggal document, diisi tanggal transaksi bisnis pembelian barang dilaksanakan.
  • No. Document, diisi nomor document produk berkaitan.
  • No, diisi nomor urut pengembalian barang.
  • Info, diisi nama produk dan keterangan lain.
  • Keseluruhan, diisi jumlah harga produk yang dibalikkan.
  • Jumlah, diisi keseluruhan harga produk.

Originally posted 2022-02-24 11:18:00.